Keram otot?

Info Penanya, pria 20 Tahun

Dok mau izin bertanya, saya terkadang saat lompat dari tempat yang cukup tinggi atai terkadang saat BAB mengalami keram di daerah antara anus dan skrotum, itu bagaimana yaa dok?

10 Jan 2019, 15:09 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Berikut beberapa penyebab kram:

  • Gangguan aliran darah atau kurang lancarnya aliran darah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah posisi tidur yang menekan pembuluh darah di kaki terlalu lama (posisi kaki terlipat ketika sedang tidur atau posisi bersila)
  • Kurangnya asupan kalsium dan potassium. Kalsium berperan untuk kontraksi otot sedangkan potassium atau kalium berperan di dalam relaksasi otot. Apabila kekurangan 2 jenis elektrolit ini maka proses kontraksi-relaksasi otot tidak akan berjalan lancar.
  • Kelelahan dan dehidrasi (kekurangan cairan)
  • Pada penderita penyakit kronik seperti diabetes melitus

Untuk menghindari kram pada kaki, Anda dapat mencoba untuk olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di kaki, lakukan peregangan otot sebelum berolahraga, jangan terlalu lama berdiri atau usahakan selalu melakukan aktivitas (berjalan atau menggerakkan kaki) setelah berdiri atau duduk lama, dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan potassium (susu dan pisang).

Jika dengan cara-cara tersebut, kram tetap berlangsung, maka segera periksakan diri kepada dokter dan bila perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium darah.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

10 Jan 2019, 15:09 WIB