Kiat untuk Ibu Hamil Muda

Info Penanya, pria 28 Tahun

Selamat Siang Dokter Kiat Kiat apa yang harus di lakukan untuk ibu hamil muda dokter Thanks & Rgds Cholis

11 Jan 2019, 10:34 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar kiat - kiat untuk ibu hamil muda dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Pertama - tama, selamat atas kehamilan yang ibu jalani sekarang. Semoga selama kehamilan ibu dan kandungannya selalu sehat.

Beberapa kiat yang dapat Ibu lakukan, antara lain :

  • Menjaga asupan nutrisi dan makan teratur. Selain keaktifan bergerak dan istirahat, nutrisi juga sangat memengaruhi kesehatan ibu. Selain itu, ingatlah untuk selalu makan tepat waktu. Pilih menu makanan yang mengandung zat besi, protein dan kalori dalam jumlah yang cukup. Pastikan juga Anda cukup terhidrasi dengan banyak minum air putih.
  • Hindari makanan yang mengandung polutan. Pastikan selama hamil Anda mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menunjang perkembangan embrio. Hati-hati, karena beberapa makanan yang mengandung parasit seperti listeriosis dan toksoplasma dapat mengakibatkan bayi lahir cacat. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari adalah hati, produk susu yang tidak dipasteurisasi, serta ikan yang mengandung merkuri kadar tinggi seperti hiu dan marlin.
  • Sebaiknya tidak melakukan kontak dengan kucing. Perlu Anda ketahui, toksoplasmosis juga dapat melekat pada kotoran kucing. Jadi, selain menghindari berdekatan dengan kucing, sebaiknya mintalah bantuan orang rumah untuk membersihkan kotoran kucing selama Anda hamil.
  • Konsumsi hanya makanan matang. Pastikan semua makanan yang dikonsumsi telah matang sempurna agar terhindar dari infeksi bakteri.
  • Cukup istirahat. Tidurlah lebih cepat di malam hari dan selingi dengan tidur sebentar di siang hari. Pastikan Anda cukup tidur, terutama saat merasa lelah.
  • Rutin melakukan aktivitas fisik. Melakukan jalan santai selama 20-30 menit membantu Ibu untuk mengurangi kelelahan.
  • Kurangi waktu bekerja. Bila Anda adalah wanita karier, bekerja selama masa kehamilan dapat membuat tubuh semakin lelah. Batasi waktu kerja dan hindari memilih pekerjaan yang berat. 

Demikian kiat - kiat yang dapat ibu lakukan,selain itu jangan lupa untuk memeriksakan kehamilan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan secara rutin. Semoga informasi ini bermanfaat. Salam sehat. 

11 Jan 2019, 10:34 WIB