Gangguan Siklus Menstruasi

Info Penanya, pria 19 Tahun

Dok saya mau bertanya, saya terlambat haid 3 hari, haid terakhir saya itu tanggal 11 desember, dan haid selanjutnya seharusnya tanggal 8 januari, tapi saya baru haid tanggal 11 januari, jadi mundur 3 hari dok, nah ditanggal 11 januari pagi hari saya mendapatkan lendir coklat dan darah segar dan selaniutnya setelah saya pakaikan pembalut muncul darah yang banyak serta ada gumpalan hitam dan darah haidnya berwarna merah hati , tapi keluarnya tidak begitu lancar seperti biasanya, saya perlu mengedan dulu baru aliran darahnya keluar, dan saya merasakan sakit lebih dominan diatas area v saya dibanding di perut saya, hanya mulas dan pinggang sakit dok, tapi setelah hari ke dua mens, darah yang keluar justru hanya sedikit dong, dan bahkan seperti sudah selesai, dan pada tanggal 1 desember yang lalu saya tidur bareng dengan suami saya, tapi tidak memasukkan penisnya kedalam vagina saya, hanya di gesek saja di kemaluan saya, apakah saya hamil atau tidak ya dok? Kalo saya hamil saya rasa tidak mungkin karna pada tanggal 11 desember pada saat siklus menstruasi saya, saya tetap haid dan hainya 8 hari dok seperi biasanya, saya juga punya penyakit gastritis akut dok, apakah ada sangkutannya antara penyakit saya dan keterlambatan haid saya yang mengakibatkan haid saya telat 3 hari Terimakasih dok sebelumnya, mohon dijawab ya dok

12 Jan 2019, 11:37 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Gangguan siklus menstruasi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini? 

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

- Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

- Individu dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

- Individu dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

- Malnutrisi (kurang gizi)

- Stres psikologis (seperti adanya yang sedang dipikirkan akhir-akhir ini, ada masalah, disadari maupun tidak)

- Atlet

- Kekurangan vitamin K

- Penggunaan obat-obatan tertentu

- Kelainan pembekuan darah

- Gangguan hormon tiroid

Apakah anda baru menggunakan KB akhir-akhir ini atau mengalami perubahan metode KB? Hal tersebut juga dapat mempengaruhi siklus serta durasi menstruasi anda. Untuk bercak hitam yang anda alami kemungkinan sisa darah dari menstruasi tersebut, jika tidak berlebihan atau menyebabkan gejala seperti lemas, pusing, sesak nafas, maka dapat anda observasi dulu selama beberapa hari sebelum dirasa mengganggu dan membutuhkan pemeriksaan lanjutan dari dokter.

Demikian informasi seputar Gangguan siklus menstruasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,  

12 Jan 2019, 11:37 WIB