Keluar Cairan dari Penis

Info Penanya, pria 23 Tahun

Dok maff sya mau tanya , knpa ko penis sya mengeluarkan cairan bening padahal tidak terangsang dan setelah kencing juga suka keluar dok tpi tidak sakit tidak ada apa2 BAK juga normal cma suka merasa tidak puas dan akhir nya keluar cairan bening kadang putih mirop sperma, ketika diam juga suka keluar tpi sedikit dok tolong penjelasan nya dok

16 Jan 2019, 13:29 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai keluar cairan dari penis.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Diperlukan penjelasan lebih detail mengenai keluhan yang Anda alami. Apakah Anda sudah berobat ke dokter untuk keluhan Anda? Pengobatan apa saja yang sudah Anda lakukan? Dari keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan besar Anda mengalami infeksi saluran kemih.

Keluarnya cairan seperti nanah dari kemaluan dan gangguan berkemih, merupakan suatu pertanda adanya proses infeksi pada saluran kemih/kemaluan. Adapun infeksi yang dimaksud umumnya disebabkan oleh kuman yang dapat ditransmisikan melalui hubungan seksual seperti gonore, klamidia, dan kuman lainnya. Infeksi kuman yang berbeda menyebabkan jenis cairan yang berbeda. Diagnosis perlu ditentukan dengan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan cairan yang keluar dari kemaluan.

Penyebab tersering kencing nanah adalah Gonore. Gonore / Kencing Nanah merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, tetapi juga kontak secara langsung dengan eksudat yang infektif.

Penularannya adalah melalui kontak hubungan seksual dan pertukaran cairan tubuh. Bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan intim adalah salah satu penyebab paling sering terjadi. Pun penularan dari alat bantu seks dapat terjadi juga. Hal yang pastinya, prinsip penularan penyakit tidak akan terjadi jika melakukan pola hubungan seksual yang sehat (tidak berganti-ganti pasangan) dan dilakukan secara tanggung jawab.

Selain infeksi tunggal, dapat juga terjadi infeksi campuran antara gonore dengan bakteri lain. Untuk mengatasi infeksi tersebut, dokter akan memberikan antibiotik. Apabila gejala Anda belum menghilang sepenuhnya, hal ini dapat berarti masih terdapat bakteri sehingga pengobatan lanjutan diperlukan Pengobatan Gonore harus menggunakan antibiotik jadi harus dengan resep dokter. Selain itu terdapat pilihan obat yang pemberiannya melalui suntikan sehingga harus dilakukan oleh dokter.

Untuk mengetahui lebih pasti penyebab dan penanganan lebih lanjut, kami sarankan untuk segera menemui dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai keluar cairan dari penis. Semoga bermanfaat.

16 Jan 2019, 13:29 WIB