Telinga Kemasukan Hewan

Info Penanya, pria 21 Tahun

maaf dok mau tanya waktu itu sebulan yang lalu telinga saya kemasukan hewan kecil , pertama kali kemasukan saya merasa ada yang gerak2 di telinga saya kemudian saya ke rumah sakit terdekat , waktu dirumah sakit kuping saya di tetesin obat apa entah dan hewan itu sudah mati tidak gerak gerak lagi di tekunga saya , waktu mau di ambil itu hewan di telinga saya kata dokter sudah terlalu dalam dan susah untuk di ambil , dokter menyarankan untuk kerumah sakit lain dan sampai saat ini saya belum pernah kerumah sakit lain , pertanyaan saya bahaya atau tidak dok jika di biarkan saja , rasa saya sih sudah biasa aja tapi saya takut ada dampak lainnya , terimakasih sebelumnya mohon di jawab dok

16 Jan 2019, 14:24 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang penanganan telinga kemasukan serangga.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Serangga sering kali masuk ke telinga terutama pada saat tidur. Namun umumnya serangga itu akan mati akibat adanya asam dari kotoran telinga dan bulu-bulu pada telinga, kotoran telinga juga lengket sehingga membuat serangga tidak bisa lebih jauh masuk kedalam. Fungsi proteksi ini bisa menjadi berkurang apabila Anda memiliki kebiasaan membersihkan telinga dengan cutton bud hingga dalam.

Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter THT agar solusi yang dilakukan tepat tanpa menambah kerusakan yang Ada.

Sementara itu yang perlu Anda lakukan adalah Jangan masukkan jari atau benda lain ke dalam telinga. Jari atau benda lain seperti pinset atau cotton bud ke dalam telinga, dapat mendorong serangga semakin masuk dan dapat membuat serangga itu menyengat, sehingga mencederai lapisan telinga atau gendang telinga. Kemudian Tetap tenang dan tidak panik.

Demikian, semoga informasi tentang penanganan telinga kemasukan serangga ini bermanfaat.

16 Jan 2019, 14:24 WIB