BAB hitam?

Info Penanya, pria 21 Tahun

halo, selamat siang doker. saya ingin bertanya beberapa hal. belakangan ini saya sering pusing, pandangan berkunang-kunang kalau berubah dari posisi duduk ke berdiri. setelah di tensi, tekanan darah saya memang rendah (dari dulu juga memang sudah rendah, sekitar 110/70), tetapi kemarin sempat mencapai 80/60. beberapa hari yang lalu saya konsultasi ke dokter praktek dekat rumah. lalu saya diberi obat dan vitamin dan dokter tsb menyarankan untuk mengkonsumsi sang*bion setelah obat yg diberikan oleh beliau habis. waktu konsul kemarin, dokter menanyakan apakah BAB saya hitam. saya menjawab tidak tahu, karena saya tidak terlalu memperhatikan warna BAB saya. 2-3 hari yang lalu saya baru mulai memperhatikan warna BAB saya, dan warna nya kehitaman, tidak coklat seperti biasanya. saya juga mempunyai riwayat penyakit maag. kira-kira ini kenapa ya dok? terimakasih. selamat siang.

18 Jan 2019, 07:26 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya mengenai BAB hitam dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Feses berwarna hitam gelap seperti aspal menandakan adanya perdarahan di saluran pencernaan. Namun apabila tidak hitam namun masih berwarna coklat gelap saja, hal tersebut dapat disebabkan karena asupan makanan atau asupan vitamin yang mengandung kadar zat besi dalam jumlah tinggi. Apabila Anda sedang mengkonsumsi zat besi maka efek sampingnya BAB akan berwarna gelap.

Merujuk dari cerita Anda yang mempunyai riwayat penyakit maag, keluhan BAB berwarna hitam bisa disebabkan perdarahan di lambung. Namun untuk dapat memastikan diagnosa suatu penyakit dibutuhkan wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan). Oleh karena itu sebaiknya berkonsultasi langsung ke dokter terdekat.

Demikian informasi yang dapat diberikan mengenai BAB hitam, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

18 Jan 2019, 07:26 WIB