Tanda - Tanda Kehamilan?

Info Penanya, pria 27 Tahun

Assalamu'alaikum Dok, saya seorang ibu punya anak 1 berumur 13 bulan, setelah usia anak saya 4bln saya suntik KB 3bln, berhubung selama suntik saya tdk haid2, pusing dll n saya khawatir akhir'y saya berhentikan, setelah berhenti KB selam 2bln ini sya jg blm haid2, sekarang produksi ASI sy berkurang, anak saya rewel terus & akhirnya menolak diberi ASI lgsg, yg mw saya tanya apakah ada kemungkinan ini tanda2 saya hamil lagi ?

25 Jan 2019, 07:41 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya mengenai seputar tanda - tanda kehamilan dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik memang memerlukan waktu yang bervariasi. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan.

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Maka, yang saat ini dapat Anda lakukan adalah menunggu serta mempersiapkan diri untuk kehamilan.

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemihpembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim
  • Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaanterdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Jika Anda ragu mengenail hal ini, jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tanda tanda kehamilan. Semoga bermanfaat. Salam sehat

 

25 Jan 2019, 07:41 WIB