Hamil Setelah Lepas KB

Info Penanya, pria 28 Tahun

Siang dok, saya baru berhenti KB suntik yang 3bulan bulan oktober lalu,sebelumnya pada saat KB saya tidak mendapatkan haid sama sekali,bulan oktober saya lepas KB sampai hari ini sudah hampir 3 bulan saya lepas KB masih blm haid,tapi bbrapa hari ke belakang sya mual dan muntah, pada saat d tes ternayat positif, mengapa bisa ya hamil pada saat saya blm mndapatkan haid.

25 Jan 2019, 07:41 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudha bertanya seputar kehamilan dan KB dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Mengenai KB, perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik KB, pil KB, maupun susuk, dapat merubah pengaturan hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim.

Keseimbangan hormon Anda secara perlahan akan kembali ke titik normal apabila penggunaan kontrasepsi hormonal dihentikan. Ada beberapa orang yang dapat segera hamil setelah 1-2 minggu pasca lepas KB, namun biasanya dalam kurun waktu 3 hingga 9 bulan menstruasi akan kembali reguler dan normal dalam hal frekuensi, jumlah maupun siklus yang menandakan bahwa organ reproduksi telah kembali siap. Jadi hal ini dapat berbeda-beda pada setiap orang bergantung pada teratur atau tidaknya siklus haid, keseimbangan hormonal dalam tubuhnya, ada tidaknya gangguan reproduksi, kesuburan dan status kesehatan calon ibu dan suami.

Jika dengan test pack sudah positif, kami sarankan untuk mengkonfirmasi keadaan kandungan dengan USG sekaligus berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

25 Jan 2019, 07:41 WIB