Belum Haid Setelah Melahirkan

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Halo dok. Aku mau tanya. Anakku lahir 10 mei 2018. Setelah masa nifas aku tidak mendapatkan haid. Tepat 10 desember 2018 anakku 7 bulan baru mendapatkan haid lagi. Nah sekarang udah 22 januari aku belum mendapatkan haid lagi dokter. Dan hasil testpack negatif. Aku tidak memakai KB dan aktif meyusui karena anakku tidak mau dikasih susu formula. Mohon penjelasannya. Terimakasih

25 Jan 2019, 16:24 WIB
dr. Nadia Octavia
dijawab oleh: dr. Nadia Octavia

Terima kasih bertanya tentang belum haid setelah melahirkan melalui fitur Tanya Dokter

Siklus haid setelah melahirkan memang dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda Anda tidak menyusui kembali.

Jika Anda memberikan ASI ekslusif kepada anak Anda selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, maka Anda tidak akan mengalami menstruasi. Isapan bayi pada payudara ibu saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif dan tidak mengalami haid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait belum haid setelah melahirkan. Semoga bermanfaat.

Salam,

25 Jan 2019, 16:24 WIB