Testis Teraba Ada Usus?

Info Penanya, pria 24 Tahun

Pagi dok mau tanya.. Kalau bagian testis di pegang seprti ada kaya usus gittu knpa ya? Apakah akan mengganggu sistem reproduksi? Trimakasih dok

28 Jan 2019, 08:43 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar testis dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Teraba benjolan atau seperti usus atau seperti gumpalan cacing? Sejak kapan keluhan tersebut bapak rasakan? Apakah ada perbedaan ukuran antara testis kanan dan kiri? apakah disertai dengan kemerahan, nyeri di sekitar testis yang menjalar hingga ke perut? Adakah gangguan BAK/BAB? Apakah pekerjaan Anda berhubungan dengan mengangkat angkat barang berat atau mengedan?

Ada 2 penyebab testis teraba tak wajar yang sering terjadi :

  1. Apabila Anda merasakan adanya gumpalan seperti cacing, kemungkinan yang dialami adalah Varikokel. Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena (yang awamnya disebut varises) pada skrotum (buah zakar) yang mempendarahi testis. Aliran darah di vena diatur dengan katup 1 arah yang mencegah aliran darah kembali. Fungsi katup yang terganggu atau penekanan dari pembuluh darah vena dapat menyebabkan pembesaran dari vena yang berujung terhadap pembentukan varikokel. Penyebab dari varikokel ini diantaranya adalah idiopatik yang disebabkan karena fungsi katup vena yang tidak bekerja sempurna. Varikokel umumnya terjadi pada 15-20% pria dan penyebab gangguan kesuburan pada 40% pria. Penyebab lain adalah vakrikokel sekunder yang disebabkan oleh penekanan pada vena yang umumnya terjadi akibat keganasan di rongga panggul / perut.
  2. Hernia. Hernia, atau sering kita kenal dengan istilah “turun bero”, merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Hernia inguinalis dibagi menjadi 2, yaitu hernia inguinalis medialis dan hernia inguinalis lateralis. Jika kantong hernia inguinalis lateralis mencapai skrotum (buah zakar pada pria), hernia disebut hernia skrotalis. Hernia terdiri atas jaringan lunak, kantong, dan isi hernia. Jaringan lunak yang dimaksud disini adalah usus. Jadi melalui suatu lubang di lipat paha, usus turun dari daerah perut menuju ke bawah.

Karena dibutuhkan wawancara medis dan pemeriksaan fisik secara langsung untuk dapat menegakkan diagnosis, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis bedah terdekat untuk mendapatkan penjelasan mengenai masalah pada testis Anda. 

Demikain informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

28 Jan 2019, 08:43 WIB