Haid Lama dan Kutil Pada Kelamin

Info Penanya, pria 25 Tahun

Dok,saya wanita berumur 25 tahun,saya sedang mengalami siklus haid yg tidak wajar menurut saya,saya selalu teratur kalo datang haid,tapi saya sempat mengkonsumsi obat keputihan,dan biasanya saya berhenti haid,5 hari pun saya sudah tidak keluar darah lagi,tapi ini baru saja saya mengalami siklus haid lebih dari 1 minggu,darah yg keluar pun warna nya merah kecoklatan,ini saya masih merasakan keluar darah berwarna merah kecoklatan,saya pun sedang mengalami ada kutil di daerah vagina,,mohon bantuan nya dok

31 Jan 2019, 21:44 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya tentang menstruasi lama menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Sedangkan siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan, sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali.

Berapa lamakah siklus haid Anda sebelumnya? Bahaya haid berkepanjangan adalah dapat membuat Anda menjadi kekurangan darah (anemia).

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

1. Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

2. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

3. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

4. Malnutrisi (kurang gizi)

5. Stres psikologis

6. Atlet, atau aktivitas fisik berat

7. Kekurangan vitamin K

8. Penggunaan obat-obatan tertentu

9. Kelainan pembekuan darah

10. Gangguan hormon tiroid

Kutil pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, salah satunya yang paling umum adalah kondiloma akuminata. Kondiloma Akuminata merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam.

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser, atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh.Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan.

Kami menyarankan Anda berobat ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan diketahui penyebab keluhan anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

31 Jan 2019, 21:44 WIB