Nyeri Pada Perut Bawah Setalah Pemasangan IUD

Info Penanya, wanita 24 Tahun

malem dok ,kenapa ya sy nyeri dibagian bawah perut setelah 2 tahun pemasangan kb sepiral,pipis terasa nyeri dan dibawah perut kaya ada yg mengganjel menjepit,payudara sy juga nyeri udh seminggu lebih,tapi kok kalo misalkan mau haid,knpa udah seminggu lbih ga haid

01 Feb 2019, 09:45 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kapan terakhir kali Anda memeriksakan keadaan IUD Anda? Setelah pemasangan, biasanya posisi IUD diperiksa 1 bulan dan 6 bulan kemudian. Bila semuanya baik, dapati diperiksa 1 tahun sekali.

Nyeri perut bawah pada wanita bisa banyak penyebabnya, bisa disebabkan karena infeksi saluran kemih atau  IUD bergeser (translokasi). Bila kondisi nyeri yang Anda alami cenderung memberat dan tak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. 

Masih terlalu cepat untuk menentukan penyebab keluhan Anda, mengingat banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan siklus haid, di antaranya:

  • Stress
  • Kebiasaan merokok & mengkonsumsi alkohol
  • Gangguan keseimbangan asupan gizi
  • Konsumsi obat tertentu
  • Menderita penyakit tertentu
  • Kehamilan

Berhubung banyaknya faktor-faktor yang dapat menyebabkan gangguan siklus haid, maka kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dokter akan memeriksa posisi dan keadaan AKDR, serta mengevaluasi berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan gangguan siklus haid pada Anda. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

 

01 Feb 2019, 09:45 WIB