KB suntik menyebabkan tidak menstruasi

Info Penanya, wanita 22 Tahun
saya mau tanya dok , kemarinkan saya suntik kb 1 bulan dan lancar , tanggal 04 april saya haid trus tanggal 06 april saya jadwal suntik kb , dan tanggal kembali tanggal 04 mei tapi kok belum juga haid padahalkan sebelum suntik harus sudah haid.. gimana ini dok , mohon solusinya yaa. terima kasih.
01 Feb 2019, 11:00 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar KB suntik menyebabkan tidak menstruasi melalui fitur Tanya Dokter. Dengan menggunakan KB hormon, efek sampingnya antara lain: - Spotting atau keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasi - Menstruasi yang tidak teratur - Rasa nyeri payudara - Sakit kepala - Mual - Rasa kembung - Peningkatan berat badan (sehingga harus meningkatkan aktivitas fisik) - Tidak menstruasi (lebih sering pada KB suntik) - Jerawat Apabila sudah tidak menggunakan KB hormonal lagi, maka efek samping tersebut akan berhenti. Namun, perlu penyesuaian hingga 6 bulan bahkan lebih, tergantung individu. Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai KB suntik menyebabkan tidak menstruasi. Semoga bermanfaat. Salam.
01 Feb 2019, 11:00 WIB