Penyebab Keguguran

Info Penanya, pria 26 Tahun

Sekamat malam dok saya meiza usia 26 tahun saya mao brtanya saya habis keguguran 3 bln dan 2 bulan slma prnikahan 2 tahun dan dua kali pulak saya kguguran kata bidan si kandunga aku gak berkembang mknya harus di kluarin pakai obat semenjak yg kedua sampai skrang saya belum isi2 juga pdahal uda kosong 1 thun lebih smnjak saya kguguran yg ke 2 bgusnya saya brobat apa ya dok biar janun sayang brkmbngn dg sehat dan apakah saya masij bisa hmil lagi

08 Feb 2019, 07:41 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Sekitar 10-15% dari kehamilan akan mengalami keguguran oleh berbagai sebab. Sebab yang paling sering (sekitar 60%) adalah adanya kelainan kromosom berat pada embrio (atau janin) sehingga embrio tersebut tidak dapat berkembang normal dan akhirnya akan gugur. Sebagian lagi keguguran disebabkan oleh kelainan bentuk/kelainan pada rahim, gangguan sirkulasi darah (mis.Thrombophilia), faktor imunologik, kekurangan hormon, infeksi, dll. Secara medik baru dianggap bermasalah jika keguguran terjadi berulang (habitualis), yaitu keguguran yang terjadi 3 kali atau lebih. Kalau faktor kromosom tentu tidak tindakan pencegahannya. Faktor lain umumnya bisa dievaluasi dan diperbaiki kalau memang ada, misalnya: faktor sirkulasi darah, infeksi, kelainan pada uterus. 

Tentu Ibu bisa hamil lagi, tetapi ada baiknya sebelum hamil Anda mempersiapkan diri dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, mengingat ada riwayat 2 kali mengalami keguguran. Konsumsi makanan yang bergizi dan minum vitamin seperti asam folat dan zat besi baik untuk mempersiapkan kehamilan.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

 

08 Feb 2019, 07:41 WIB