Keputihan berwarna kuning-kehijauan

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Assalamualaikum dokter. Maaf dok sehabis berhubungan intim kenapa setelah 4 hari keluar keputihan tetapi berwarna kuning ke hijauan banyak samapai basah. Dan bau tidak sedap. Sebelumnya normal" saja dok. Keluar cairan putih tp sedikit bgt. Tapi sekarang ini sudah 4 hari sejak tgl 3 mei sampai sekarang masih keluar. Semoga tidak terjadi apa" dok. Saya takut. Tapi sebulan sebelum itu vagina saya pernah mengeluarkan benda seperti putih" kenyal tp tidak banyak itu 2/3 x dlm sebulan.. terimakasih dok.

11 Feb 2019, 21:21 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar keputihan berwarna kuning-kehijauan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Keputihan yang berwarna kuning hingga hijau pada umumnya menandakan sudah adanya infeksi bakteri. Lakukan pengamatan selama 3-5 hari, serta perhatikan hal-hal berikut. Dengan adanya kulit kemaluan yang sensitif, untuk penggantian pantyliner serta pembalut harus diganti setiap dirasa sudah terlalu basah, kira-kira per 3-4 jam. Jaga agar celana dalam juga diganti jka anda terlalu berkeringat. Selain itu, jaga hygiene pada kemaluan dengan membersihkan menggunakan air, sabun, serta lap kering setelahnya untuk mencegah kelembapan berlebihan sehingga jamur serta kuman lainnya tidak mudah berkembangbiak. 

Jika keluhan tidak juga hilang, segera kunjungi dokter anda agar dapat diberikan obat-obatan yang tepat sesuai penyebab keputihan anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai keputihan berwarna kuning-kehijauan. Semoga bermanfaat. Salam

11 Feb 2019, 21:21 WIB