Fisioterapi Pasca Stroke

Info Penanya, pria 28 Tahun

Dok,...ibu saya terkena stroke ringan,dan saya bawa ke RSU di Kota saya sendiri......Yang saya Heran kenapa Mesti nunggu 10 hari dulu baru bisa terapi,padahal ibu saya gerakan nya masih normal,cuma terkena sarap pada daerah kepala,kasian ibu saya kalo harus tidur terus selama 10 hari dok,...terima kasih dok

12 Feb 2019, 06:28 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pada orang pasca stroke biasanya dilakukan fisioterapi rutin untuk melatih daerah yang lumpuh/lemah. Memang tidak dapat mengembalikan fungsinya 100% seperti semula, tetapi dapat mencegahnya menjadi semakin lemah, kaku, timbul kontraktur, nyeri, dan pengecilan otot.

Fisioterapi sebenarnya dapat dimulai sejak dalam kondisi penyembuhan, namun biasanya ini masih berupa gerakan-gerakan ringan. Fisioterapi yang intensif memang baru dimulai setelah kondisi akut lewat, biasanya setelah 1-2 minggu karena fisioterapi intensif membutuhkan tenaga sehingga sulit dilakukan saat tubuh masih dalam kodisi akut.

Yang terpenting juga adalah kendalikan faktor risiko stroke, entah itu diabetes, hipertensi, kolesterol, merokok, dll, agar stroke tidak berulang dan merusak jaringan saraf otak yang lainnya. Jalanilah diet sehat dan berolah raga dengan teratur.

Untuk merencanakan program fisioterapi, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf dan dokter spesialis rehabilitasi medik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

12 Feb 2019, 06:28 WIB