Efek Penggunaan Gadget Pada Mata

Info Penanya, pria 35 Tahun

Selamat pagi Dok,apakah penggunaan gadget yang cukup lama bisa menimbulkan gangguan mata yang lebih parah bagi penyandang low vision?,terimakasih

12 Feb 2019, 15:18 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Efek Penggunaan Gadget Pada Mata.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Efek paparan gadget terhadap mata tergantung pada frekuensi dan durasi pemakaiannya oleh masing-masing individu. Semakin lama pemakaian, risiko terjadi mata lelah (eye strain) pun akan semakin besar.

Kondisi mata lelah biasanya ditandai dengan keluhan mata kering / berair, pandangan kabur / ganda, sensitif terhadap cahaya, gangguan konsentrasi, dan nyeri pada mata/ leher / bahu / punggung, hingga rasa mual.

Perlu Anda ketahui pula bahwa banyak penelitian yang menyebutkan anak-anak yang melakukan aktivitas dengan jarak pandang sangat dekat secara intensif, seperti membaca, bermain komputer ataupun jenis gadget lainnya, umumnya cenderung memiliki mata myopia dan astigmatism (silindris) dibandingkan dengan mereka yang lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

Jadi, sebaiknya Anda menggunakan gadget secara bijak. Terdapat formula yang mudah diingat, untuk menghindari kelelahan pada mata. Formula tersebut adalah: '20-20-20', di mana setelah paparan gadget terhadap mata selama 20 menit, istirahatkan mata dengan melihat sejauh 20 meter selama 20 detik.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Efek Penggunaan Gadget Pada Mata. Semoga bermanfaat.

Salam,

12 Feb 2019, 15:18 WIB