Bangun Tidur Banyak Dahak

Info Penanya, wanita 24 Tahun

dok, saya mau tanya.. kenapa ya setiap bangun tidur saya selalu ada reak nya di tenggorokan udah gtu nafasnya jadi bunyi sesek gtu, padahal saya lagi tidak batuk/flu biasa" saja.. ini terjadi hanya bangun tidur pas seharian baik" saja. itu kenapa ya dok? ada obatnya kah?

12 Feb 2019, 15:35 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Bangun Tidur Banyak Dahak.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Banyak hal yang dapat menyebabkan tenggorokan berlendir atau berdahak di pagi hari. Tenggorokan berlendir atau berdahak dapat disebabkan karena infeksi, alergi, iritasi, dan sebagainya. Perokok aktif juga biasanya memproduksi dahak lebih banyak daripada bukan perokok.

Berkaitan keluhan yang ada, ada beberapa hal yang perlu kembali kami tanyakan pada Anda; Apakah Anda merokok? Apakah Anda mengalami sakit tenggorokan saat menelan?

Pada umumnya banyak obat-obatan yang dapat membantu Anda untuk mengeluarkan dahak membandel. Dahak dapat dibantu diencerkan dengan obat minum hingga terapi uap. Terapi uap adalah dengan menghadapkan wajah ke uap air. 

Untuk mendapatkan pemeriksaan dan hasil yang terbaik pada keluhan Anda, ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter guna mendapatkan terapi terbaik.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Bangun Tidur Banyak Dahak. Semoga bermanfaat.

Salam,

12 Feb 2019, 15:35 WIB