Menambah air sperma

Info Penanya, pria 25 Tahun

Dok, Mau tanya masalah sperma laki laki, makan2an apa untuk menambah banyak nya air sperma laki2, dan apa ada juga obat nya dari dokter,yang dijual untuk menambah banyaknya air sperma ketika ejakulasi.? Terima kasih 😁

15 Feb 2019, 09:44 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Secara alami, jumlah dan kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut. 

  1. Telur. Telur merupakan salah satu makanan yang mudah didapat dan terjangkau. Telur kaya akan vitamin E dan protein yang dapat melindungi sperma dari radikal bebas yang merusak. Kandungan zat gizi dalam telur juga berperan dalam menghasilkan sperma yang kuat, sehat serta memiliki pergerakan yang baik.
  2. Bayam. Bayam dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber utama dari asam folat yang diperlukan untuk perkembangan sperma yang sehat. Kadar asam folat yang rendah berhubungan dengan bentuk dan kualitas sperma yang buruk. Sperma akan sulit membuahi sel telur wanita. Selain itu, peluang kelainan bawaan pada janin juga meningkat akibat kelainan genetik di dalam sperma itu sendiri.
  3. Pisang. Vitamin A, B1, dan C yang ada di dalam pisang akan membantu tubuh Anda memproduksi sperma yang sehat. Pisang juga mengandung enzim Bromelain yang merupakan antiradang alami sehingga jumlah sperma meningkat dan pergerakannya baik.
  4. Coklat hitam. Kandungan asam amino L-Arginine dalam coklat hitam ditemukan dapat meningkatkan volume air mani dan jumlah sperma. 
  5. Asparagus. Asparagus sangat kaya akan vitamin C, yang melindungi sel-sel penghasil sperma dari serangan radikal bebas. Vitamin C juga meningkatkan volume dan kecepatan pergerakan sperma.
  6. Brokoli. Selain bayam, brokoli juga kaya akan asam folat. Pada satu studi diketahui bahwa, jumlah sperma pria yang mengkonsumsi brokoli satu porsi sehari dapat meningkat hingga 70%.
  7. Semangka. Semangka kaya akan kandungan likopen, sejenis antioksidan. Diketahui bahwa mengkonsumsi 1 potong semangka per hari dapat meningkatkan jumlah sperma yang sehat hingga 37,5%.
  8. Kacang kenari. Kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang meningkatkan jumlah sperma serta memperlancar aliran darah ke testis. Ia juga mengandung asam amino Arginine yang meningkatkan volume air mani dan antioksidan.
  9. Bawang putih. Bawang putih dikenal sebagai makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungannya yang paling penting untuk menghasilkan sperma yang sehat ialah vitamin B6 dan Selenium. Bawang putih juga memiliki kemampuan untuk ‘membersihkan’ pembuluh darah sehingga aliran darah ke testis lebih baik.
  10. Makanan yang kaya kandungan ion Seng. Tiram merupakan salah satu sumber utama ion Seng, yang membantu produksi sperma. Konsumsi 15 mg ion Seng atau 50 gram tiram per hari dapat meningkatkan produksi sperma. Selain tiram, sumber ion Seng lain yaitu jali, daging merah, dan kacang-kacangan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

15 Feb 2019, 09:44 WIB
Peran Pria dalam Persiapan Program Hamil (Elnur/Shutterstock)
Info Sehat
Peran Pria dalam Persiapan Program Hamil
Tanya Dokter
Seputar Teratozoospermia
Tanya Dokter
Kemungkinan hamil dari air mani diluar tubuh
Ada Buih dalam Urine, Mungkin Ini Sebabnya (Tae PY15MU/Shutterstock)
Info Sehat
Ada Buih dalam Urine, Mungkin Ini Sebabnya
Tanya Dokter
Menetesnya air mani pada bibir kewanitaan
8 Penyebab Cairan Sperma Berwarna Kuning (Lightwavemedia/Shutterstock)
Info Sehat
8 Penyebab Cairan Sperma Berwarna Kuning
Cara Mendeteksi Kemandulan Sebelum Menikah (Goodluz/Shutterstock)
Info Sehat
Cara Mendeteksi Kemandulan Sebelum Menikah
Tanya Dokter
Air Mani Encer
Tanya Dokter
Cebok menggunakan tangan yang terkena sperma, sebabkan kehamilan?
Tanya Dokter
Sperma Keluar Dari Vagina, Apakah Menghambat Kehamilan?