Vagina Gatal dan Terasa Panas

Info Penanya, pria 23 Tahun

halo dok saya mau tanya terkadang vagina saya terasa gatal dan panas di bagian area labia minora nya, kadang klitoris juga. walaupun dibasuh menggunakan air saja tetap terasa gatal. baru hilang jika pakai resik v yang godokan sirih dan di diamkan beberapa detik. kira kira apa penyebabnya dan bagaimana mencegahnya?

15 Feb 2019, 20:23 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan kemaluan terasa panas dan gatal bisa jadi merupakan sebuah infeksi daerah vagina atau sekedar iritasi kulit. Apakah terdapat keputihan? Keluhan ini perlu dipastikan apakah karena iritasi saja atau sudah terjadi proses infeksi oleh jamur atau bakteri. 

Khususnya untuk infeksi pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah jamur, parasit, virus ataupun kutu. Apabila diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di pubis mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut pubis. Namun bisa juga gatal disebabkan karena vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga. Gatal pada vagina bukanlah gejala dari penyakit kanker serviks.

Sebagai informasi, keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti sesaat sesudah menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan yang mendetil dan menyeluruh sehingga masalah Anda dapat ditangani dengan tepat dan segera.Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

15 Feb 2019, 20:23 WIB