Mengeluarkan Sperma di Dada dan Perut, Bisa Hamil?

Info Penanya, pria 25 Tahun

Halo dok,jadi beberapa hari yang lalu saya melakukan aktivitas seksual dengan pasangan saya. Saya masturbasi menggunakan tangan pasangan saya dan saya keluarkan di dada dan perutnya. Kemudian setelah itu saya lap sampe bersih menggunakan beberapa tisu. Setelah itu pasangan saya ke kamar mandi untuk cuci tangan dan memakai handuk (dililitkan ke badan). Selang 2 menit kemudian pasangan saya baru membilas badannya menggunakan sabun dan melilitkan kembali handuknya (handuk tidak dipakai untuk lap badan) dan berganti pakaian. Adakah peluang terjadi kehamilan di kasus ini??

18 Feb 2019, 03:34 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter

Kehamilan akan terjadi jika sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Pembuahan tersebut terjadi di dalam saluran reproduksi wanita yaitu tuba falopii (saluran indung telur). Untuk mencapai saluran tersebut, sperma akan "berenang" dari lubang kemaluan atau vagina wanita ke atas, melewati rahim. 

Jika sperma dikeluarkan di luar vagina, meskipun menempel pada celana dalam anda, tetap sulit untuk menyebabkan terjadinya kehamilan. Sperma membutuhkan mediasi untuk berenang dari vagina ke dalam rahim agar terjadi kehamilan. Apabila mediasi/cairan tersebut tidak ada, bahkan terdapat barier/tahanan dari celana dalam anda, maka tidak mungkin dapat terjadi kehamilan. Namun lain hal nya bila Anda tidak yakin ada sperma yang sempat dikeluarkan di lubang vagina atau tidak. Kehamilan hanya dapat terjadi jika hubungan intim dilakukan dengan adanya penetrasi kemaluan pria (penis) ke dalam vagina. Kemungkinan hamil meningkat jika berhubungan saat masa subur.

Semoga bermanfaat.

Salam,

18 Feb 2019, 03:34 WIB