Rambut Rontok dan Kulit Hiperpigmentasi

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Halo, selamat Pagi, saya ingin bertanya dok, kenapa ya akhir-akhir ini rambut saya sering rontok lalu siku saya mengalami hiperpigmentasi, dan sering pusing berputar? Terima kasih dok.

18 Feb 2019, 07:19 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Rambut tipis diakibatkan karena kerontokan. Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut tidak terlalu cepat. Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti defisiensi mineral dan salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti:

  • banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • hindari stres
  • hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • cukup istirahat
  • stop merokok (pada yang merokok)
  • hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda atau penyebab lain yang mendasari. Biasanya terapi yang diberikan antara lain adalah pemberian suntikan obat-obatan langsung pada kulit kepala (mesotherapy), PRP therapy hingga transplantasi rambut untuk efek jangka panjang.

Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB (bagi wanita), kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Mencerahkan kulit di bagian tersebut dapat dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Salah satunya adalah dengan penggunaan scrub, dermabrasi, mandi dengan spons, menurunkan berat badan, dan menangani infeksi jamur tersebut dengan obat yang tepat. Untuk pengobatan jamur, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tatalaksana yang tepat.

Demikian informasi yang dapat diberikan seputar keluhan Anda, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

18 Feb 2019, 07:19 WIB