Mengatasi Rambut Rontok

Info Penanya, pria 52 Tahun

Hallo, Selamat malam. Saya mau tanya dokter spesialis kulit. Saya berumur 52 tahun, sekarang kepala bagian tengah saya agak botak akibat ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala. Apakah rambut saya bisa ditumbuhkan lagi tanpa plantasi? Bagaimana caranya? Jika ada obatnya, tolong beritahu saya. Terima kasih

18 Feb 2019, 11:11 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya mengenai mengatasi kebotakan melalui fitur Tanya Dokter,

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Rambut tipis diakibatkan karena kerontokan. Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut tidak terlalu cepat. Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala (ketombe), anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti:

Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein, zat besi, dan zinkHindari stresHindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambutRajin olah raga untuk memperlancar peredaran darahCukup istirahatStop merokok (pada yang merokok)Hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panasHindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambutgunakan hair tonicJika rambut Anda berketombe, maka segera obati ketombenya karena ketombe dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk rambut kering, gunakan conditioner setiap selesai keramas terutama pada ujung-ujung rambut, hindari pemakaian conditioner di kulit kepala karena dapat menyebabkan ketombe.

Terapi penumbuh rambut memang dapat diberikan pada kasus kebotakan (alopesia areata). Beberapa terapi medis yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebotakan diantaranya:

Suntikan Kortikosteroid

Injeksi kortikosteroid intralesi merupakan terapi lini pertama untuk alopesia terlokalisasi. Pertumbuhan rambut mulai tampak dalam 4-6 minggu pada pasien yang responsif. Pasien dengan alopesia yang luas dan lama cenderung memiliki respons terapi yang kurang bagus. Obat yang paling banyak digunakan adalah Triamcinolone acotonide (Kenalog) yang disuntik setiap 4 minggu.

Krim Olesan

Kortikosteroid Krim topikal fuocinolone acetonide 0,2% yang dioleskan 2 kali per hari menunjukkan respons yang bagus pada 61% pasien. Terapi dilakukan selama minimal 3 bulan.MinoxidilEfektif diberikan pada pasien alopesia areata yang ekstensif (kerontokan 50-90%), namun memiliki manfaat yang kecil pada alopesia universalis dan totalis. Minoxidil diteteskan ke bercak yang mengalami kebotakan dua kali sehari. Pertumbuhan rambut awal akan muncul dalam 12 minggu. Efek samping berupa iritasi dan rambut yang tumbuh berwarna kemerahan.

Imunoterapi topikal

Substansi yang biasanya digunakan adalah diphencyprone (DPCP). Obat ini deiberikan pada kulit yang terkena alopesia dengan tujuan menimbulkan reaksi mirip alergi dan memicu pertumbuhan rambut. Pertumbuhan rambut mulai tampak pada minggu ke 12-24.Psoralen with ultraviolet A light (PUVA)

Penggunaan wig

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai mengatasi kebotakan. Semoga bermanfaat.

18 Feb 2019, 11:11 WIB