Gigi Berlubang Besar

Info Penanya, wanita 27 Tahun

Malam,.Dok Gigi saya berlubang.,cukup lama lubangnya. Sudah sering sakit. Kemarin malam tidak sengaja tersenggol saat sikat gigi. Goyah.,sengaja saya gerak2kan dengan lidah. Agar segera lepas.,dan tadi sore terlepas. Saya lihat giginya sudah tinggal separo.,keropos Bagaimana, dok. Apakah bekas gigi yg terlepas tersebut bisa menutup dengan baik.,atau apakah perlu diperiksakan di dokter gigi ya? Terima kasih

18 Feb 2019, 14:09 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Gigi Anda yang berlubang besar kemungkinan masih dapat dirawat oleh dokter gigi. Jenis perawatan tergantung dari kondisi gigi dan seberapa banyak mahkota gigi yang tersisa. Bila masih memungkinkan dapat ditambal biasa, namun bila gigi sudah non-vital (syaraf gigi sudah mati) maka harus dirawat saluran akar terlebih dulu.

Sebaiknya gigi berlubang tidak dibiarkan lama tanpa perawatan, karena kerusakan dapat bertambah parah dan hal yang paling dikhawatirkan adalah dimana kerusakan pada gigi sudah tidak dapat diatasi lagi dengan perawatan dan gigi harus dicabut serta dapat menimbulkan infeksi dan membahayakan kesehatan. Jadi pencabutan gigi akan dilakukan bilamana keadaan gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi dalam rongga mulut dengan perawatan tertentu baik penambalan atau perawatan lainnya. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan secara langsung agar dokter gigi bisa mengetahui kondisinya sehingga dapat dilakukan perawatan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

18 Feb 2019, 14:09 WIB