Pemeriksaan Penunjang Yang Tepat Untuk Melihat Kerusakan Gigi

Info Penanya, pria 35 Tahun

Yth dokter Sy ingin tny utk melihat saraf di gusi/rahang/pipi yg rusak pakai ct scan atau mri?krn di xray panoramic+periapikal tak kelihatan.thx

18 Feb 2019, 17:15 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar pemeriksaan penunjang yang tepat untuk melihat kerusakan gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Untuk melihat kerusakan gigi cukup menggunakan Rontgen / X-ray yang paling umum dilakukan adalah jenis Panoramic/ Rontgen/ X-ray ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai keadaan rongga mulut dan gigi dari seorang pasien terutama gambaran pada jaringan keras yaitu tulang dan gigi. Dengan menggunakan rontgen / x-ray, seorang dokter gigi juga dapat mendeteksi berbagai hal yang terkait dengan keadaan infeksi dalam rongga mulut dan sesegera mungkin mengambil tindakan agar penyakitnya tidak bertambah parah.

Keuntungan penggunaan Rontgen / X-ray:

1. Mendeteksi lubang pada gigi yang tidak dapat terdeteksi hanya melalui pemeriksaan klinis atau dilihat secara langsung.

2. Dapat memantau perkembangan dan pertumbuhan gigi anak yang belum tumbuh keluar dan masih terdapat didalam tulang rahang pada pasien anak-anak.

3. Mendeteksi adanya kelainan pada tulang rahang dan kelainan di dalam gusi.

4. Mendeteksi adanya kelainan berupa tumor.

5. Mendeteksi gigi yang tidak tumbuh secara sempurna/ gigi impaksi seperti ditemukan pada banyak kasus gigi graham bungsu.

Jika sudah menggunakan rontgen /X-Ray tapi masih tidak kelihatan, kami sarankan sebaiknya periksa sekali lagi secara langsung dengan teliti keadaan klinis gigi yang dikeluhkan agar gigi tersebut dapat segera ditangani dan melakukan observasi pada gigi tersebut selama beberapa minggu. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pemeriksaan penunjang yang tepat untuk melihat kerusakan gigi, semoga bermanfaat.

18 Feb 2019, 17:15 WIB