Benjolan selangkangan

Info Penanya, pria 20 Tahun

Selamat pagi dokter. saya ingin bertanya. di alat kelamin saya terdapat bejolan kecil dan keras letaknya berada di samping kantung telur tepatnya di dekat selangkangan,dan saya tidak merasakan sakit apapun,apakah ini beresiko kanker/tumor dok???

19 Feb 2019, 00:38 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya tentang Benjolan Diselangkangan melalui fitur Tanya Dokter 

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Di daerah selangkangan, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar. Pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh beberapa hal, penyebab tersering adalah adanya infeksi pada area genitalia, contohnya infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual. Pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh berbagai penyebab lainnya. Apabila penyebabnya adalah infeksi, maka seiring dengan infeksi tersebut menyembuh, kelenjar getah bening akan mengecil dengan sendirinya. Terapi akan tergantung dari penyebabnya.

Untuk itu, saya sarankan Anda memeriksakan diri kepada dokter untuk pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Setelah diagnosis ditentukan, maka Anda dapat mendiskusikan pilihan penanganan yang ada dengan dokter Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan seputar Benjolan Diselangkangan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

19 Feb 2019, 00:38 WIB