Sesak Nafas Saat Naik Tangga

Info Penanya, pria 23 Tahun

mau nanya dok, 1. kenapa setiap mendaki tanga atat tempat yang tinggi jantung berdebar dan nafas ngos-ngosan? 2.kenapa detak jantung lemah dan kadang berdebar? bagaimana cara menyembuhkanya? mohon jawabanya

19 Feb 2019, 09:44 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Sesak Nafas melalui fitur Tanya Dokter.

Sesak napas dapat menjadi salah satu gejala dari berbagai macam penyakit. Untuk itu perlu dijelaskan sifat sesak napas yang Anda alami saat ini. Sejak kapan sesak napas Anda rasakan? Apakah sesak napas dirasakan secara tiba-tiba? Selain saat menaiki tangga, apakah sesak nafas juga muncul pada kondisi lain? 

Dibutuhkan pemeriksaan lengkap secara langsung oleh Dokter. Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru), gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung) atau gangguan sistem pencernaan (lambung)

 

Pada dasarnya, seseorang yang berusia muda mungkin saja mengalami sesak nafas saat menaiki tangga, misalnya karena  jantung yang kurang terlatih karena jarang berolahraga, atau karena menaiki tangga dengan terlalu cepat. Namun, pada orang tua, biasanya sudah dicurigai adanya penyakit lain yang mendasari, misalnya penyakit jantung dan paru-paru. Bila Anda mencurigai adanya kelainan paru atau jantung yang telah terjadi pada Anda, untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara lengkap yang dilakukan di dokter. Nanti Anda akan diperiksa secara lengkap, bila perlu dilakukan rontgen dada dan EKG (Rekam jantung). Begitu pula dengan keluhan Anda detak jantung yang lemah dan kadang berdebar, untuk mengevaluasinya dengan lebih meyakinkan diperlukan pemeriksaan yang lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Sesak Nafas. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

19 Feb 2019, 09:44 WIB