Lipoma

Info Penanya, wanita 19 Tahun

pagi dok. sy perempuan blm menikah. ada benjolan di selangkangan saya sudah 2 minggu lebih tidak hilang. beberapa hari lalu muncul benjolan lagi namun lokasi nya berbeda yaitu lumayan jauh di atas benjolan pertama sekitar garis pinggang. benjolan pertama ukurannya tidak terlihat membesar, tidak terlihat di permukaan kulit dan hanya terasa saat diraba, kulit juga normal dan tidak memerah atau gatal. benjolan kedua skrg lebih besar drpd saat pertama kali saya menyadari keberadaannya. kedua benjolan tsb padat dan tidak bergerak. 2 hari lalu saya ke dokter karena dada sesak, berdebar2, dan saya gemetar. setelah di cek dengan diraba oleh dokter, kata dokter benjolan itu hanya lemak, dan saya sedang stress/panik. lalu saya diberi ranitidine dan obat anti stress. yg saya mau tanya kpd Alodokter, apakah benar benjolan ini lemak, krn benjolannya terasa padat & tdk bergerak, bahkan benjolannya bertambah? berbahayakah? dan bagaimana menghilangkannya?

19 Feb 2019, 09:57 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terimakasih telah bertanya seputar Lipoma menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak. Satu-satunya cara untuk memastikan apakah benar lipoma yang terdapat di selangkangan Anda hanyalah dengan melakukan pemeriksaan secara langsung. 

Penyebab lain benjolan di permukaan kulit misalnya pembesaran kelenjar getah bening. Penyebabnya misalnya ada infeksi di daerah sekitar selangkangan. Bila hal ini terjadi secara akut, lama-kelamaan KGB dapat mengecil dengan sendirinya. Apakah Anda memperhatikan adanya pengecilan pada benjolan?

Lipoma sebenarnya merupakan tumor jinak. Penyebab lipoma hingga kini belum diketahui. Lipoma cenderung terjadi menurun dalam keluarga, sehingga diperkirakan terdapat keterlibatan genetik pada lipoma.

Pada dasarnya lipoma tidak memerlukan tindakan apapun, kecuali untuk alasan kosmetik atau pembesaran benjolan telah menimbulkan keluhan nyeri dan mengganggu pergerakan. Hingga kini belum ada obat yang dapat menghambat pertumbuhan lipoma. Sayangnya, satu-satunya cara untuk menghilangkan benjolan lipoma adalah dengan operasi pengangkatan lipoma. Operasi dapat dilakukan dengan bius lokal, jika dokter sudah benar-benar yakin bahwa benjolan memang benar-benar lipoma yang tergolong dalam tumor jinak.

Untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter bedah atau dokter kulit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

19 Feb 2019, 09:57 WIB