ASI Pompa

Info Penanya, pria 35 Tahun

pagi dok, mau nanya kalau memompa asi kemudian asi yang diperoleh misal 160 ml sementara porsi sekali minum 100 ml, otomatis kan ada sisa 60 ml. kemudian sisa asi tersebut ditambahkan dengan asi yang diperoleh pada pumping waktu berikutnya, misalnya untuk setiap pumping berselang 3 jam, itu boleh atau tidak dok?

19 Feb 2019, 09:57 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayangnya, hal yang Anda tanyakan tersebut sebaiknya tidak dilakukan. ASI yang sudah dipompa hanya akan bertahan di suhu ruangan selama 2 jam. Maka bila Anda memompa berselang 3 jam, hal tersebut sudah melewati batas waktu penyimpanan ASI pada suhu ruangan.

Hal yang ditakutkan adalah telah terjadinya kerusakan pada ASI yang Anda pompa terdahulu, atau yang lebih ditakutkan adalah adanya kontaminasi kuman di sana. Saat mencampurkannya dengan ASI pompa yang baru, maka ada kemungkinan ASI yang baru dipompa justru ikut terkontaminasi.

Pilihan yang bisa Anda lakukan adalah tetap memisahkannya. Misalnya, sisa 60 ml tersebut Anda langsung simpan di kulkas segera setelah dipompa. Saat disimpan di kulkas bawah, bisa bertahan 7-8 jam. Saat si kecil akan menyusu, Anda bisa berikan terlebih dahulu ASI 60 ml yang sudah disimpan tersebut, dihabiskan, baru dilanjutkan dengan ASI pompa yang baru. Namun, tanpa percampuran atas keduanya. Tetap pisahkan kedua ASI yang dipompa dalam jam yang berbeda.

Ingatlah, pisahkan ASI yang kira-kira tidak akan dihabiskan anak sejak selesai dipompa. Bila susu tidak habis, misalnya masih bersisa pasca diminum anak, jangan disimpan/ bahkan dicampurkan dengan ASI pompa baru.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

19 Feb 2019, 09:57 WIB