Hasil tes VDRL Positif

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Malam dok . kemarin saya chek medical untuk berangkat menjadi tkw , setelah hasilnya keluar saya dinyatakan positif terkena VDRL 1:1 itu bagaimana dok penjelasannnya ? apakah masih bisa disembuhkan ? bagaimana solusinya dok ? Sekian dan terimakasih

19 Feb 2019, 11:41 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang pemeriksaan VDRL dan TPHA.VDRL dan TPHA adalah suatu pemeriksaan untuk mengetahui infeksi Treponema pallidum , memang Treponema pallidum adalah penyebab dari penyakit Sifilis , tapi berdasarkan penelitian VDRL positif , dapat disertai dengan biologi false positif atau benar-benar positif dengan titer rendah. biologi false positif dapat dibagi menjadi 2 yatu :

Akut : dapat disebabkan infeksi virus , bakteri , imunisasi , parasit malariaKronik : dapat disebabkan oleh SLE , penyakit kardiovaskular , gangguan autoimun dan paling sering (70%) ditemukan pada wanita .Apabila keadaan VDRL positif dan TPHA negatif, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kembali 10 minggu kemudian, jika hasil masih tetap maka dianjurkan dengan pemeriksaan yang lebih spesifik yaitu FTA-ABS, FTA-ABS (Fluoresence Treponemal Antibody-Absorption) adalah tes treponema untuk mendeteksi sifilis, apabila hasil FTA-ABS negatif, maka kita dapat menyingkirkan positif palsu. Apabila FTA-ABS positif, maka hasilnya perlu ditegakkan dengan hasil pemeriksaan fisik sebelumnya.Pemeriksaan ini dapat memberikan hasil negatif palsu (penyakitnya ada tetapi hasil test negatif) maupun positif palsu (penyakitnya tidak ada tetapi hasil test positif).

Hasil negatif palsu, antara lain disebabkan:

-Fase awal penyakit

- Jumlah antibodi yang terlalu sedikit

- Jumlah antibodi yang terlalu banyak 

Hasil positif palsu, antara lain disebabkan:

- Infeksi/penyakit autoimun

- Kehamilan

- Immunisasi

- Perubahan karena bertambahnya usia

 

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Demikian informasi yang dapatkan, semoga bermanfaat.

Salam,

19 Feb 2019, 11:41 WIB