Kesemutan dan Nyeri Telapak Tangan

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Mlam dok. .setelah saya melahirkan anak pertama knapa di badan terasa sepertj kesemutan terutama dikaki dan telpak tangan . .

20 Feb 2019, 02:59 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Kesemutan dan Nyeri Telapak Tangan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

 

Kami memahami kondisi Anda. Rasa pegal-pegal yang dialami pada awal-awal masa nifas umum terjadi oleh karena Anda masih menyesuaikan diri dengan kesibukan baru sebagai seorang ibu yang tentu saja melelahkan. Pegal-pegal ini juga bisa semakin terasa apabila Anda sedang terinfeksi virus.

Terkait dengan rasa kesemutan di jari-jari tangan kanan, ini umum terjadi pada masa nifas oleh karena penggunaan jari tangan dan pergelangan tangan yang berlebihan (untuk menggendong, memompa, memasak, dst). Kondisi ini disebut dengan Sindrom Terowongan Karpal atau Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Keluhan CTS umumnya dirasakan di pagi atau malam hari berupa kaku dan kesemutan pada jari manis hingga kelingking. Kebanyakan kasus CTS adalah idiopatik atau tidak memiliki penyebab khusus. Kalaupun ada biasa terkait dengan kebiasaan melakukan gerakan yang menggunakan pergelangan tangan, seperti saat naik motor, mengetik, memasak, memotong, dsb. CTS seringkali terjadi pada tangan yang dominan.

Apabila memang Anda mengalami CTS, tindakan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengistirahatkan tangan yang terkena (imobilisasi) dengan menggunakan splint atau wristband. Syaratnya, harus menutupi seluruh sendi pergelangan tangan sehingga sulit ditekuk. Prinsipnya sendi ini harus dalam keadaan lurus. Sebisa mungkin splint/wristband digunakan sepanjang hari, terutama saat tidur malam.

Selain itu diberikan juga obat untuk mengurangi pembengkakan yang menyebabkan saraf terjadi. Cara lain adalah dengan suntikan steroid langsung pada saraf yang terkena. Pada kondisi berat dapat dilakukan operasi untuk melepaskan jepitan saraf tersebut. Operasi dilakukan bila pengobatan gagal dan jepitan saraf telah membuat otot yang dipersarafinya mengecil.

Kami sertakan pula beberapa artikel berikut yang dapat menambah informasi Anda:

Tangan dan Jari Kesemutan, Bagaimana Mengatasinya

Nyeri Pergelangan Tangan Pasca Melahirkan

Demikian informasi seputar Kesemutan dan Nyeri Telapak Tangan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                   

20 Feb 2019, 02:59 WIB