Hubungan intim pada masa tidak subur

Info Penanya, wanita 33 Tahun

Pagi dok, sebelumnya saya mau info terlebih dahulu. Saya ibu dari 2 anak perempuan, usia anak terakhir saya 1,5thn per Feb'19. Saya pribadi berniat menunda mempunyai anak ke 3, sampai anak ke 2 saya berusia 2,5thn. Namun, suami saya ingin cepat2 memiliki anak kembali, karena ingin memiliki anak laki2. Kebetulan tanpa disengaja, kami berhubungan intim pada tgl 21-02-2019 dini hari. Dan suami saya tanpa sengaja ejakulasi di dlm. Padahal, sebelum2nya kami sepakat ejakulasi diluar. Saya memang tdk pakai alat KB apapun. Melihat saya kurang nyaman memakai alat KB apapun dan suami mengerti saya, kami memang sepakat untuk sistem ejakulasi luar. Yg ingin saya tanyakan, apa saya berpeluang hamil, dengan melihat siklus tgl haid terakhir saya bln lalu, apa saya masih dlm masa subur? Bln Jan'19 kmrn, saya haid tgl 27-01-2019, saya berhubungan tgl 21-02-2019. Saya coba2 baca beberapa artikel, saya pahami, bisa terjadi kehamilan, bisa tidak. Mohon bantuannya dok, untuk lbh jelasnya. Karena memang saya saat ini, blm mau menginginkan kehamilan anak ke 3, mengingat 2 anak saya sebelumnya msh kecil2. Terima kasih sebelumnya.

21 Feb 2019, 11:15 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar hubungan intim pada masa tidak subur menggunakan fitur Tanya Dokter.

Masa subur pada wanita merupakan hari ke-10 hingga ke-16, dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir, Melihat informasi dari anda, kemungkinannya sangat kecil untuk hamil karena hari ini sudah masuk hari ke-25. Jika di lain waktu terjadi suatu ketidaksengajaan kembali namun anda sedang berada di masa subur atau khawatir akan  terjadi pembuahan, anda dapat menggunakan kontrasepsi darurat.

Kontrasepsi darurat adalah jenis KB yang digunakan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, seperti dalam kasus:

  • Lupa memakai kondom, kondom bocor, lepas, atau salah menggunakannya
  • Diafragma pecah atau robek
  • Kegagalan teknik sanggama terputus
  • Salah menghitung masa subur
  • Spiral terlepas
  • Lupa minum dua atau lebih pil KB
  • Terlambat suntik KB lebih dari 2 minggu
  • Perkosaan

 

Memang, kontrasepsi yang sering disebut sebagai “morning after pill’ ini tidak bekerja seefektif kontrasepsi pada umumnya yang dipakai rutin, namun akan lebih baik jika tidak memiliki perlindungan sama sekali. Angka kegagalan dari kontrasepsi darurat ini adalah 3%.

Kontrasepsi darurat terdiri dari pil kombinasi dosis tinggi, pil kombinasi dosis rendah, pil progesteron, pil estrogen, dan spiral.

Namun mohon maaf sebelumnya, kami tidak dapat menyebutkan nama obat untuk menghindari bias promosi.

Pil efektif jika digunakan dalam waktu 72 jam pasca sanggama. Pil ini tidak dapat digunakan sebagai kontrasepsi jangka panjang.

Sementara itu, spiral masih efektif dalam waktu 7 hari pasca sanggama, namun tidak dapat digunakan untuk wanita yang mengalami infeksi kelamin dan organ kewanitaan.

Terdapat beberapa efek samping dari penggunaan pil KB ini, yaitu mual, muntah,  flek-flek, nyeri perut, dan sakit kepala. Jika Anda muntah dalam 2 jam setelah meminum pil, Anda harus kembali meminum pil tersebut.

Kontrasepsi ini tidak dapat “menggagalkan” kehamilan yang sudah terjadi, namun hanya dapat berfungsi untuk mencegah sebelum kehamilan itu terjadi.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai hubungan intim pada masa tidak subur. Semoga bermanfaat. Salam

 

21 Feb 2019, 11:15 WIB