Nyeri Pinggang

siang dok...saya wanita berusia 31 th satu bulan lalu say operasi kista ovarium...tpi perut kiri dan kanan atas saya ska nyeri seperti tertusuk tembus ke pinggang...kmrin saya sempat cek darah dan urin hasilnya semua normal..hanya ada sedikit eritrosit 0_2 leukosit 2_4 dan epitel =e,squa+ saya jga smpt Faal ginjal dg hasil urea=19 kreatinin=0,8 dan ya 3,6 apa itu semua normal dokter...apa nyeri perut saya ada hubungannya dgn operasi yang Bru saya lakukan ? terima kasih dokter

Lihat Selengkapnya
wanita, 31 Tahun23 Feb 2019, 11:06 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Nyeri Pinggang menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sudah berapa lamakah Anda mengalami keluhan seperti ini? Bagaimana dengan buang air kecil Anda, misalnya buang air kecil berdarah, berpasir, dll? Apakah terdapat keluhan seperti diare, buang air besar keras, dll? Apakah ada keluhan kembung, perih ulu hati yang menyerti nyeri, sering terlambat makan/ sering mengonsumsi makanan pedas dan asam?

Untuk menentukan dengan benar penyakit apa yang sedang Anda alami, harus melalui wawancara yang lebih mendalam disertai pemeriksaan fisik. Data yang Anda sebutkan terlalu singkat dan tidak cukup untuk dapat mengetahui jenis penyakit yang sedang dialami. Salah satu jenis penyakit yang memberikan nyeri pada area perut dan menjalar ke pinggang misalnya pada batu ginjal. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus. Biasanya ada keluhan penyerta seperti kencing berdarah, riwayat kencing berpasir, kadar asam urat tinggi, dsb.

Dimanakah nyeri lebih dominan, pinggang atau perut? Nyeri punggung atau Low back pain (LBP ) juga bisa menjadi kemungkinan diagnosis. LBP dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb. Nyeri pada LBP biasanya berupa nyeri pinggang belakang.

Keluhan pada perut kiri dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Yang perlu diketahui adalah organ di daerah tersebut, yaitu kulit, otot, hat/liveri, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga). Masing-masing organ tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Perlu dicari lebih dalam lagi juga adakah riwayat gastritis (maag), hubungan antara keluhan nyeri dan makanan, kapan saja terjadinya nyeri, sejak kapan, dan masih banyak hal yang perlu diketahui sebelum dapat ditentukan dengan pasti penyebabnya. Sebab proyeksi lambung dapat pula muncul pada area kiri perut atas. Bila keluhan terus menerus berlangsung, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. Pemeriksaan diperlukan untuk memastikan bahwa keluhan Anda disebabkan karena masalah lambung, otot, tulang, ginjal, saluran pencernaan atau syaraf. 

Demikian informasi seputar Nyeri Pinggang yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,  

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Nyeri di pinggang

Dijawab oleh:dr. Melyarna Putri

Nyeri Pinggang Setelah ESWL

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Nyeri Pinggang Menjalar ke Kaki

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Penyebab Nyeri Pinggang

Dijawab oleh:dr. Nadia Octavia

Penyebab Sakit Pinggang

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk