Mata gatal disertai kelopak mata memerah

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Dok saya mau nanya, minggu minggu ini saya sering sekali mengalami gatal gatal dimata saya, dan ketika gatal kelopak mata bagian atas dan bawah jadi memerah..

24 Feb 2019, 23:16 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar mata gatal disertai kelopak mata memerah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Gatal pada kedua mata dapat disebabkan karena infeksi, iritasi, atau alergi. Apabila kondisi mata menjadi berwarna kemerahan, nyeri, gatal, dan terdapat kotoran mata berwarna kekuningan, maka kemungkinan sudah terdapat infeksi di dalamnya.

Apabila hanya gatal saja tanpa keluhan lain, kemungkinan mata anda dapat mengalami iritasi akibat debu, mata kering dll, atau juga dapat disebabkan karena alergi. Alergi dalam hal ini dapat dicetuskan karena debu, polusi, dingin, makanan, dan banyak lagi (termasuk make up). Terlebih apabila anda memang memiliki riwayat serupa sebelumnya.

Yang perlu anda lakukan sekarang adalah menghindari pajanan mata terhadap pencetus iritasi (Contoh: memakai kacamata diluar rumah), membersihkan sofa, tempat tidur, korden, mengganti seprai agar tidak ada pajanan debu maupun binatang yang menyebabkan alergi dan iritasi pada mata anda, dan hindarilah faktor pencetus alergi (apabila anda memilikinya, misalnya make up atau lainnya).

Eksim adalah bahasa awam untuk dermatitis atau peradangan pada kulit. Terdapat beberapa jenis dermatitis, namun apabila orang merujuk pada eksim, kemungkinan yang dimaksud adalah dermatitis atopi. Atopi dalam hal ini berarti adalah kondisi yang disebabkan karena alergi, seperti asma dan rinitis alergi.

Apabila memiliki atopi, kemungkinan ada kaitan dengan kulit sensitif Anda, namun tidak dapat disingkirkan penyebab lain. Jagalah kebersihan tangan Anda sebelum memegang mata.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai mata gatal disertai kelopak mata memerah. Semoga bermanfaat. Salam

 

24 Feb 2019, 23:16 WIB