Menunda suntik kb 3 bulan

Dok saya kan kb 3bulan biasanya tiap bulan saya haid dan kebetulan bulan kemarin saya jadwal suntik tanggal 25 januari tapi kebetulan saat itu sedang hadi jadi saya tunda sampe selesai haid dan setelah selesai hadi saya langsung kb tapi kenapa sekarang belum haid lagi ya dok saya jadi khawatir terimakasih 😊

Lihat Selengkapnya
wanita, 23 Tahun28 Feb 2019, 11:07 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Kontrasepsi suntikan adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan melalui suntikan hormonal. Kontrasepsi hormonal jenis KB suntikan ini di Indonesia semakin banyak dipakai karena kerjanya yang efektif, pemakaiannya yang praktis, harganya relatif murah dan aman.

Sebelum disuntik, kesehatan ibu harus diperiksa dulu untuk memastikan kecocokannya. Suntikan diberikan saat ibu dalam keadaan tidak hamil. Umumnya pemakai suntikan KB mempunyai persyaratan sama dengan pemakai pil, begitu pula bagi orang yang tidak boleh memakai suntikan KB, termasuk penggunaan cara KB hormonal selama maksimal 5 tahun. Suntikan diberikan 7 hari pertama saat periode menstruasi Anda, atau 6 minggu setelah persalinan.

Untuk KB suntik 3 bulan sebenarnya tidak jadi masalah bila terlambat suntik beberapa hari saja.  Namun, Kemungkinan hamil tetap akan ada, walaupun sudah menggunakan KB hormonal, karena efektivitas KB hormonal tidak mencapai 100%. Tetapi terjadinya kehamilan merupakan kemungkinan kecil. Untuk itu sebaiknya anda tetap melakukan test pack, bila perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk meyakinkan terjadi kehamilan atau tidak.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Masa KB Suntik 3 Bulan

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Lepas KB dan Belum Haid

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Suntik KB Tiga Bulan

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Tanda - Tanda Kehamilan?

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Dampak penggunaan KB suntik

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk