Mata Minus Menjadi Plus Karena Usia

Info Penanya, pria 46 Tahun

Tahun 2017 yang lalu pada saat refraksi terakhir hasilnya mata kiri -6,5 sementara mata kanan -4,75 dan saya membeli kacamata sesuai dengan hasil refraksi tersebut. Namun sejak pertengahan tahun 2018 kemarin, saya merasakan ketidaknyaman pada saat membaca dan menulis, terutama misalnya saat membaca komposisi bahan (ingredients) pada produk makanan yang kita beli di mini market dll. Yang ingin saya tanyakan adalah dapatkah kondisi ini diatasi dengan memakai softlense minus sambil menggunakan kacamata plus pada saat membaca dan/atau menulis?

02 Mar 2019, 20:40 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelainan mata yang sering terjadi pada usia tua berupa presbiopia (rabun dekat karena usia). Presbiopia adalah suatu keadaan dimana kemampuan untuk melihat dekat perlahan-lahan berkurang yang berhubungan dengan faktor usia. Keluhan akan bertambah dengan bertambahnya umur yang diakibatkan melemahnya otot siliar untuk akomodasi dan berkurangnya kekenyalan lensa. Presbiopia cukup sulit dicegah karena proses penuaan adalah proses yang alami dan pasti terjadi.

Penderita rabun jauh akan mengalami sedikit keuntungan saat menginjak usia tua. Pada penderita miopia dengan minus hingga -2.00 D masih dapat melihat dekat dengan jelas hingga jarak 14-16 inchi dari mata, namun ketika kaca mata minusnya dilepas tentunya. Ketika sedang memakai kaca mata minus pandangan jarak dekat akan terlihat buram. Bagi penderita minus lebih dari -5.00 D kemampuan melihat jarak dekat sudah mulai terganggu sehingga dibutuhkan menggunakan kaca mata rabun dekat juga. Anda dapat memilih menggunakan 2 buah kaca mata secara bergantian (cth: ketika menyetir Anda menggunakan kaca mata minus, ketika membaca jarak dekat Anda menggunakan kaca mata plus) atau menggunakan kaca mata bifocal yaitu dalam satu lensa kaca mata terdapat sekaligus lensa minus dan plus sehingga Anda tidak perlu bolak-balik mengganti kaca mata.

Demi menjaga kesehatan mata Anda sebaiknya mengikuti gaya hidup sehat untuk mata antara lain sebagai berikut: 

  • Mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup
  • Mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer. Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ‘tersiksa’.
  • Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.
  • makan makanan yang banyak mengandung vitamin A
  • tidak merokok
  • tidak sembarangan mengkonsumsi obat atau memakai tetes mata, terutama yang mengandung steroid
  • tidak terlalu sering terpapar sinar ultraviolet, sebaiknya gunakan kacamata jika harus berada di luar dengan cuaca terik

Berikut kami lampirkan juga artikel seputar mata untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

02 Mar 2019, 20:40 WIB