Honeymoon Cystitis

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Assalamualaikum , dok saya baru menikah belum sampai 1 bulan . Tapi beberapa hari lalu tiba" saya pipis nya sakit saat keluar dan saya susah untuk tahan pipis . . Dan lebih sering ke toilet . Apakah yang saya rasakan ini wajar karna saya baru menikah ? Atau ini terjadi karna cara hubungan saya yg bermasalah .? Atau apa itu tanda kehamilan? Tolong berikan saya pengetahuan tentang gejala yang saya rasakan dokter . Terimakasih. Waalaikumsalam

04 Mar 2019, 04:00 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bila dilihat dari keluhan yang Anda sampaikan, kemungkin anda mengalami infeksi saluran kemih. Penderita infeksi saluran kemih akan mengalami beberapa gejala seperti : nyeri saat berkemih (BAK), frekuensi berkemih meningkat, tidak dapat menahan BAK, terdapat darah pada urin dan terkadang disertai demam.

Infeksi saluran kemih memang sering dialami oleh wanita yang baru menikah, dan hal ini dikenal dengan nama honeymoon cystitis. 75-90% wanita yang baru menikah akan mengalami infeksi pada kandung kemihnya. Hal tersebut terkait dengan tingginya frekuensi melakukan hubungan seksual saat baru menikah.

Meskipun banyak menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkemih, penyakit ini dapat diobati dan memberikan hasil yang memuaskan dengan pengobatan yang tepat. Untuk memastikan diagnosis infeksi saluran kemih, Kami sarankan agar anda segera memeriksakan anda ke dokter terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan urin untuk memastikan adanya bakteri pada urin anda. Jika diagnosis infeksi saluran kemih telah ditegakkan, dokter akan memberikan obat antibiotik untuk menghilangkan bakteri penyebab infeksi. Dengan terapi secara teratur selama 7 hari, pada umumnya sudah mampu mengatasi keluhan-keluhan yang terjadi akibat infeksi saluran kemih.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat

 

04 Mar 2019, 04:00 WIB