Benjolan di Bawah Telinga

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Hallo Dok Saya mau nanya, saya baru saja melakukan pengangkatan tumor FAM di payudara kiri saya. Sebelum nya saya sudah tahu bahwa saya memiliki benjolan dipayudara. Namun baru belakangan ini saya memberanikan untuk ke dokter. Setelah di USG ternyata benjolan saya melebihi dari 1. Namun belakangan ini juga saya memiliki benjolan juga di leher belakang tepat bawah telinga kiri saya. Apakah benjolan yang di bawah telinga tersebut faktor dari FAM yang ada dipayudara dok? Ciri cir benjolan tersebut tidak mengeras, tidak nyeri, tidk ada batuk dan pilek. Namun dimalam hari seperti meriang Terimakasih

06 Mar 2019, 16:46 WIB
dr. Nadia Octavia
dijawab oleh: dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang benjolan di bawah telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Benjolan di bawah telinga yang terasa nyeri kerap disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berperan penting dalam melindungi tubuh dari infeksi. Saat terjadi infeksi, misalnya batuk-pilek, infeksi amandel, tenggorokan, atau infeksi dalam telinga, kelenjar getah bening di sekitar daerah tersebut akan membengkak.

 Jika infeksi di sekitar daerah leher atau wajah sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Jika memang benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening, dan bila tidak juga mengempis, sebaiknya Anda kembali mengkonsultasikan dengan dokter menyangkut diagnosis benjolan Anda.

Benjolan yang bersifat kanker biasanya akan membesar dengan cepat, permukaannya kasar, sifatnya keras, sulit digerakkan dan tidak nyeri.

Bagaimana dengan benjolan Anda? Bila Anda merasa terganggu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar benjolan di bawah telinga. Semoga bermanfaat

06 Mar 2019, 16:46 WIB