Hasil USG Payudara

Info Penanya, pria 39 Tahun

Halo dok, mau bertanya hasil USG payudara : pada mamae kiri, periareolar jam 3, tampak lesi hpoechoic tak homoge, tepi ireguler, kalsifikasi intralesi (+), vaskuler intralesi (+), lesi berukuran 1.5cm (transversal); 1.18cm(AP);2.15cm (longitudinal). Tampak beberapa kelenjar getah bening, tanpa fatty hilar, vaskuler (+), ukuran membesar. Kesan : Mass di mammae kiri, perlareolar jam 3, tepi ireguler, kalsifikasi intralesi (+), vaskuler intralesi (+), lesi berukuran 1.5cm (transversal); 1.18cm(AP);2.15cm (longitudinal), papila mamma retraksi, multiple limfadenopati axillae sinistra, tanpa fatty hilar, vaskuler (+). BIRADS4... mohon bantuan analisanya terima kasih Handi

08 Mar 2019, 12:37 WIB
dr. Sara Elise Wijono MRes
dijawab oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Dari keterangan yang Anda berikan hasil pemeriksaan USG payudara menyatakan terdapat massa (benjolan) pada payudara kiri, lokasi arah jam 3, dengan tepi berbatas tidak tegas, ditemukan kalsifikasi serta pembuluh darah dalam bernjolan tersebut. Ditemukan juga beberapa pembengkakan kelenjar getah bening pada ketiak kiri.

Untuk membedakam benjolan pada payudara perlu diketahui karakteristik seperti:

•   Ukurannya, apakah semakin bertambah besar

•   Permukaannya: licin atau berbenjol

•   Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)

•   Bagaimana keadaan kulit di atasnya

•   Apakah ada nyeri

•   Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Sistem score BIRADS adalah klasifikasi yang terdapat dalam temuan USG untuk membantu dokter menentukan benjolan bersifat atau ganas, klasifikasinya adalah sebagai berikut:

BIRADS 0: sulit dinilai

BIRADS 1: tidak terdapat tumor

BIRADS 2: jinak

BIRADS 3: kemungkinan jinak

BIRADS 4: curiga ganas

BIRADS 5: sangat curiga ganas

BIRADS 6: ganas

Berdasarkan penilaian ini terdapat kecurigaan bahwa benjolan payudara tersebut bersifat ganas (kanker). Sebaiknya, hasil USG ini didiskusikan lebih lanjut dengan dokter yang menangani anda, sehingga dapat direncanakan langkah selanjutnya.

Baca juga: Kanker Payudara

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

08 Mar 2019, 12:37 WIB