Mual Setelah Minum Obat 10 Maret 2019 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Mual Setelah Minum Obat

Dok saya mau tanya, sebelumnya saya mengalami radang tenggorokan, demam dan sesak saat batuk tapi tidak ada keluhan mual dan sakit perut. Setelah berobat, saya diberi obat amoxicillin trihydrate 500mg, carbidu dexamethasone 0,5, brochifar, obh itrasal dan obat sesaknya. Tapi kenapa setelah minum obat tersebut saya merasa mual dan pusing jika berdiri atau berjalan? Padahal waktu di cek tensi darah, darah saya normal dok. Bahkan setelah minum obat saya pasti muntah. Itu bagaimana ya dok? Saya lanjutkan minum obatnya atau tidak?

Lihat Selengkapnya
wanita, 21 Tahun10 Mar 2019, 06:17 WIB

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Dijawab oleh:

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih sudah bertanya tentang Mual Setelah Minum Obat menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Obat apakah yang Anda konsumsi? Apakah keluhan muncul langsung setelah minum obat? Apakah muncul reaksi pada kulit, seperti kemerahan, bengkak, gatal?

Mual dan Nyeri pada ulu hati sering disebabkan oleh kondisi peningkatan asam lambung. Kondisi ini dapat menimbulkan penyakit maag dan GERD (gastroesophageal reflux disease). Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut, maka kami sarankan anda untuk berhenti meminum obat yang sudah anda konsumsi, dan berkonsultasi langsung sambil membawa obat tersebut ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mual Setelah Minum Obat , semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat