Luka dan Keluar Nanah

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Dok saya mau tanya, kemarin saya main futsal, terus jatuh, tulang kering saya lecet, sudah bersihkan pakai air panas dg minyak tawon sudah taruh alkohol dengan betadine malah keluar nanah, sudah ke klinik tapi sama saja, katanya infeksi, kira kira untuk luka saya ini bisa tidak pakai dettol antiseptic untuk membersihkan kemudian saya gunakan salep antibiotik kalmicetine?

11 Mar 2019, 11:43 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar perawatan luka menggunakan fitur TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kemungkinan telah terjadi infeksi pada luka Anda. Apakah kebersihan luka tidak dapat terjaga secara baik? Bila Ya, maka kemungkinan hal itu yang menyebabkan terjadi infeksi.

Waktu penyembuhan luka bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 2 minggu atau lebih tergantung kedalaman luka. 

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka.  Cara terbaik adalah mengganti perban/ kassa pembungkus tiap kali basah akibat keringat/ air mandi, yang terpenting adalah menjaga luka tetap kering. 

Bekas luka yang basah dapat menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka tersebut.

Anda boleh menggunakan jenis cairan yang Anda sebutkan untuk membersihkan luka. Mengenai salep, sebenarnya hal itu akan sangat tergantung dengan tampilan luka. Tampilan luka akan menunjukkan kira-kira jenis bakteri yang mendiami luka, dan menentukan jenis antibiotik yang perlu digunakan. Namun, bila Anda ingin menggunakan salep antibiotik yang Anda sebutkan, boleh-boleh saja, namun coba pantau kondisi luka dalam 3 hari pemakaian. Apakah terjadi perbaikan atau tidak. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang perawatan luka, semoga bermanfaat.

11 Mar 2019, 11:43 WIB