Cemas pasca ujian

Info Penanya, wanita 16 Tahun

Saya baru saja selsai ujian seperti biasanya saya sakit karena terlalu memaksakan diri jam tidur kurang dan stres, awalnya hanya demam biasa tapi ketika sholat saya merasa tidak sanggup berdiri dan susah untuk bernapas saya mengeluarkan banyak keringat dan entah saya pingsan atau tidak saya siudah terjatuh dikamar mandi dengan napas yang terengah engah keesokan harinya saya baik baik saja detak jantung saya tidak seperti kemarin detak jantung saya terasa sangat dalam dan sulit dirasakan tidak seperti biasanya. Saya tidak pernah mengalami seperti ini sebelumnya Yang saya alami itu apa ya dokter? Terimakasih

11 Mar 2019, 14:39 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar cemas pasca ujian menggunakan fitur Tanya Dokter.

Banyak yang dapat diduga terjadi pada anda seperti tekanan darah rendah dan asam lambung yang naik sehingga muncul keluhan jatuh serta sulit bernafas. 

Syndrome dyspepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dyspepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Pengobatan sindrom dyspepsia sangat tergantung dari penyebabnya. Dalam kasus anda kemungkinan besar akibat stress yang dipicu oleh ujian.

Sementara, tekanan darah rendah dapat terjadi akibat:

  • Volume darah yang berkurang (misal akibat dehidrasi sedang/berat)
  • Menurunnya jumlah darah yang dipompa jantung
  • Penggunaan obat-obatan penurun tekanan darah.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah:

- Konsumsi garam yang lebih banyak

- Banyak minum air, hindari alkohol

- Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)

Untuk itu kami anjurkan agar anda dapat konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut dan penanganan yang lebih optimal.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cemas pasca ujian. Semoga bermanfaat. Salam

 

 

11 Mar 2019, 14:39 WIB