Berdarah Saat BAB

Info Penanya, pria 18 Tahun

dok, kenapa yah saya udah hampir seminggu ngga bisa bab. padahal perut saya mules banget tapi setiap mau dikeluarin yang keluarnya cuman darah. dan juga saya mengalami keputihan yang berbau dan berbentuk seperti lendir. warnanya putih. asalnya banyak banget keluarnya seperti air. dan saya juga merasa sakit seperti nyeri haid padahal saya sedang tidak haid.

13 Mar 2019, 07:06 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Berdarah Saat BAB menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluar darah dari anus penyebabnya bisa beragam diantaranya adalah wasir/ ambeien, polip usus besar, gastritis erosif (perlukaan pada lambung), kanker usus besar, lecet pada daerah anus karena feses yang keras (saat Anda mengedan), dll. Apakah ini kali pertama Anda mengalami keluhan tersebut? Adakah benjolan yang dapat Anda raba di sekitar anus?

Jika memang ada benjolan di sekitar anus, maka kemungkinan penyebabnya adalah wasir atau ambeien, yang dalam dunia medis dikenal sebagai hemorrhoid. Secara medis, Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dimana benjolan terlihat dari luar tanpa menggunakan alat dan hemorrhoid interna dimana benjolan berada di dalam anus. Benjolan wasir ini menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus menjadi lebih rapuh sehingga mudah berdarah, misalnya akibat mengedan saat BAB atau trauma.

Untuk memastikan apakah yang Anda alami adalah benar hemorrhoid atau bukan memang diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Bila memang benar yang terjadi pada Anda adalah hemorrhoid, dokter akan menentukan terapi berdasarkan kondisi Anda. Pada beberapa kasus, penatalaksanaan hemorrhoid cukup dengan obat saja, namun pada kondisi yang sudah lanjut dokter mungkin memerlukan tindakan operasi untuk membantu meredakan keluhan Anda.

Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan konsumsi makanan tinggi serat, banyak minum dan menjaga kebersihan daerah anus. Jika perdarahan kerap terjadi atau bertambah banyak, kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bedah agar dapat diperiksa secara langsung dan menyeluruh.

Demikian informasi seputar Berdarah Saat BAB yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                   

13 Mar 2019, 07:06 WIB