Penggunaan AHA/BHA Dengan Benzoyl Peroxide

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Dok, apa boleh menggunakan skin care yang mengandung AHA BHA digunakan bersamaan dengan benzoyl peroxide?

13 Mar 2019, 07:40 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Penggunaan AHA/BHA Dengan Benzoyl Peroxide menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Benzoyl peroxide adalah obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Benzoyl peroxide merupakan obat luar (topikal), bisa sebagai satu-satunya kandungan atau dicampur dengan kandungan lainnya, misalnya antibiotik, untuk mengatasi jerawat. Obat ini berfungsi mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan membuka pori-pori kulit yang tertutup.

Tentang Benzoyl Peroxide

Golongan Anti jerawat

Kategori Obat bebas, tapi memerlukan resep jika dikombinasikan dengan antibiotik.

Manfaat Mengobati jerawat.

Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak ≥ 12 tahun.

Kategori kehamilan dan menyusui Kategori C: studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.Pada ibu menyusui, belum diketahui apakah benzoyl peroxide dapat diserap ke dalam ASI atau tidak. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

Bentuk obat Gel

Peringatan:Hindarkan kontak obat dengan bibir, mulut, hidung, dan mata. Apabila terjadi kontak dengan bagian tersebut, disarankan untuk segera membilasnya dengan air mengalir.Jangan menggunakan obat ini apabila sedang menderita masalah kulit, seperti eksim, iritasi, atau luka.Hindari pajanan sinar matahari terlalu lama selama menggunakan benzoyl peroxide.Segera temui dokter apabila terjadi reaksi alergi atau overdosis.

Dosis Benzoyl Peroxide

Berikut ini adalah dosis penggunaan benzoyl peroxide berdasarkan kondisi yang akan diobati:

Kondisi Dosis Jerawat Dewasa dan anak-anak ≥ 12 tahun: oleskan gel yang mengandung 2,5-10% benzoyl peroxide pada jerawat, 1-2 kali sehari.

Benzoyl peroxide adalah obat luar. Bersihkan dan keringkan permukaan kulit yang berjerawat sebelum mengolesinya dengan benzoyl peroxide. Hindari menyentuh daerah kulit yang telah diolesi obat ini, setidaknya satu jam setelah pemakaian.

Simpan obat ini di tempat bersuhu antara 15-30 derajat Celcius, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Gunakan tabir surya apabila hendak melakukan aktivitas di bawah terik matahari. Obat ini dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari.

Penggunaan bersama tretinoin dapat mengurangi efek obat dan meningkatkan risiko iritasi kulit.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Benzoyl Peroxide Penggunaan benzoyl peroxide bisa saja menimbulkan ruam kulit, sensasi terbakar, gatal, melepuh, merah, bengkak, dan kulit menjadi kering. Jika ini terjadi, segera temui dokter.

AHA dan BHA berfungsi sebagai cairan peeling, baik itu chemical peeling oleh dokter, home peeling, acid toner, maupun sebagai salah satu bahan aktif dalam sabun muka dan obat jerawat.

AHA dan BHA tinggi bagaimana yang dimaksudkan? Berapa konsentrasinya dan berapa pH nya? Perlu diketahui bahwa penggunaan AHA dan BHA sebagai home peeling sebaiknya dimulai dari yang paling ringan terlebih dahulu dan frekuensinya jarang terlebih dahulu. Setelah kulit terbiasa, baru bisa ditingkatkan frekuensinya.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan home peeling glycolic acid 10% dengan pH di bawah 5,5 seminggu sekali dulu, kemudian 2x/minggu, kemudian maksimal setiap 2 hari sekali. Beberapa merek home peeling bisa dipakai setiap hari. Apabila menggunakan acid toner, bisa dicoba sehari sekali dulu lalu ditingkatkan sehari 2x. DIsarankan menggunakan AHA dan BHA saat malam hari saja karena kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Gunakan juga tabir surya pada pagi-sore hari agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari. Sebaiknya Anda memperhatikan cara pemakaian produk AHA dan BHA Anda dan ikuti cara pemakaian produk tersebut ya. Masing-masing merek produk memiliki aturan penggunaan sendiri-sendiri.

Demikian informasi seputar Penggunaan AHA/BHA Dengan Benzoyl Peroxide yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                   

13 Mar 2019, 07:40 WIB