Penyebab Bersin

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Selamat sore dokter, saya Deska, usia 25th. Saya mau tanya perihal hidung saya dok, kenapa ya dok, setiap saat saya perawatan wajah dan saat komedo sedang diambil di tepi alis bagian dalam yg kearah hidung, saya selalu bersin, saya risih sekali dan perawat pun seperti itu mungkin, jadi setiap kali perawatan, saya minta maaf dulu, barangkali bersin saya mengganggu. Ini berlaku untuk perawatan di skin care apa aja dok, pasti seperti itu. Berharap bisa menjelaskan dan saran agar tidak bersin saat penekanan di daerah tersebut. Makasih dok..

14 Mar 2019, 18:31 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Penyebab Bersin.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Diagnosis dengan gejala bersin atau meler bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, mulai dari infeksi sampai alergi.

Pertama izinkan saya menjelaskan tentang keadaan peradangan hidung yang disebabkan oleh alergi. Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi, yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa.Rhinitis alergi adalah kelainan pada hidung dengan gejala-gejala bersin-bersin, keluarnya cairan dari hidung, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar dengan allergen yang mekanisme ini diperantarai oleh IgE

Kondisi yang Anda alami kurang dapat kami pahami. Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan evaluasi lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Penyebab Bersin. Semoga bermanfaat.

Salam,

14 Mar 2019, 18:31 WIB