Kulit Sering Gatal Dan Merah

Knp ya tangan saya sering merah2 kaya memar gitu, tp gatel2. Padahal udah sering berobat katanya saya alergi debu, tp saya heran nya ga sembuh2 hampir tiap hari minum obada dan memakaikan salep

Lihat Selengkapnya
wanita, 18 Tahun15 Mar 2019, 07:56 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sulit bagi kami untuk menentukan kondisi yang Anda alami karena kami tidak dapat memeriksa langsung dan mewawancara Anda lebih dalam.

Secara umum penyebab gatal di kulit dapat berupa alergi, iritasi, penyakit autoimun seperti psoriasis, hingga kondisi medis seperti penyakit hati, penyakit ginjal, dan diabetes. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mencari faktor pencetus timbulnya gatal dan menghindari faktor pencetus tersebut. Berbagai hal yang dapat menjadi faktor pencetus adalah cuaca dingin, makanan tertentu, kondisi stress emosional, dsb.

Pada kasus Anda, selain menerapkan hal-hal yang sudah diterapkan, perlu juga melakukan pemeriksaan darah, tes alergi atau pemeriksaan IgE yang spesifik untuk alergen tertentu. Untuk hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit yang ahli alergi atau ke dokter penyakit dalam yang ahli alergi (SpPD-KAI). Apabila terbukti memang memiliki alergi terhadap debu, ada baiknya menghindari pencetus misalnya dengan menggunakan masker atau jaket apabila diluar ruangan, sering membersihkan rumah termasuk membersihkan sprei, gorden dan sofa, serta tidak membiarkan menyimpan boneka/perabotan yang berlebihan yang dapat menjadi sarang debu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam sehat. 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Kulit gatal pada kehamilan

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Betis Gatal dan Bersisik

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Gatal, bengkak, dan demam, ada apa?

Dijawab oleh:dr. Melyarna Putri

Kulit Gatal

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Kulit Gatal

Dijawab oleh:dr. Atika

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk