Rapid Test

Info Penanya, pria 24 Tahun

Selamat malam dok. Saya ingin tanyakan.. Teman saya sudah melakukan tes dengan ketentuan-ketentuan yang di tetapkan, yaitu 3x dengan jangka waktu 3 bulan. Dan hasil yang didapatkan negatif. Tetapi, teman saya sudah menikah dan telah berpisah dengan istrinya. Jadi, teman saya melakukan hubungan dengan perempuan lain yang juga sudah pernah menikah dan berpisah juga. Setelah itu teman saya melakukan tes di puskesmas terdekat dan hasilnya positif. Apakah tes tersebut akurat. Sedangkan teman saya bahkan sudah 4x periksa dengan jangka 6 bulan. Dan juga teman saya sama sekali tidak menunjukkan gejala-gejala apapun. Karena itu teman saya ragu dengan tes tersebut. Apakah tes yang dari puskesmas tersebut akurat atau tidak? Tersebut sepertinya menggunakan Rapid Test. Terima kasih dok.

15 Mar 2019, 10:05 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Kami ingin sekali membantu Anda. Sayangnya, Anda tidak menyebutkan sama sekali tes penyakit apa yang teman Anda jalani. Rapid test dikenal sebagai jenis pemeriksaan cepat yang bisa digunakan untuk bermacam-macam jenis penyakit. Mulai dari HIV, sifilis, dan berbagai IMS lain bisa diperiksa dengan rapid test. Pada kasus teman Anda, rapid test penyakit apa yang dijalani?

Ada baiknya juga bila disebutkan gejala klinis yang dialami oleh teman Anda. Atas adanya penyakit X yang dicurigai tersebut, gejala-gejala apa saja yang dirasakan oleh teman Anda? Sebab hasil pemeriksaan lab selalu bergantung terhadap keluhan fisik.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

15 Mar 2019, 10:05 WIB