Trauma pada Penis

Info Penanya, pria 25 Tahun

Selamat Pagi dok,,,mau nanya apakah bekas lebam berwarna biru hingga kehitaman pada penis bisa dihilangkan atau hilang dengan sendirinya dok?

16 Mar 2019, 11:59 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Trauma pada Penis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Memar dapat pula terjadi akibat fraktur penis atau penis patah. Fraktur penis memang jarang sekali terjadi, meskipun tidak bertulang namun tekanan pada corpus cavernousum, yaitu lapisan silinder dari penis dapat menyebabkan penis patah. Corpus cavernousum berisi jaringan ereksi mirip spon yang mengandung darah selama ereksi. Biasanya Anda akan mengeluhkan adanya bunyi hentakan seperti retak mendadak, kulit penis berubah menjadi biru kehitaman, penis terasa nyeri dan bengkak. Keadaan ini merupakan kegawatdaruratan medis dan membutuhkan pertolongan cepat. Namun mengingat Anda sudah tidak merasa nyeri maka kemungkinan kecil Anda mengalami trauma serius pada penis.

Selain hal yang berkaitan dengan hubungan seksual, penis juga dapat memar karena cedera atau trauma tumpul lainnya seperti kecelakaan, atau pada kasus Anda tertendang. Memar pada penis umumnya sama seperti memar pada kulit lainnya, akan memudar hingga menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis urologi untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda.

Demikian informasi seputar Trauma pada Penis yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

16 Mar 2019, 11:59 WIB