5 Pertolongan Pertama pada Keracunan Makanan

Info Penanya, pria 23 Tahun

Anak Balita Keracunan Lotion Deodoran (REXONA) Bagaimana penanganan pertama nya Dok? *Bahan lotion : alumunium chlorohydrate, glyceryl stearate, stearyl alcohol,cyclopentasiloxane, steareth-20, titanium dioxide, dll

16 Mar 2019, 12:22 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar 5 Pertolongan Pertama pada Keracunan Makanan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

sebelum penderita keracunan makanan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat, ada beberapa pertolongan pertama yang dapat kita lakukan: 1.Bila penderita keracunan makanan banyak muntah dan diare, berikan cairan pengganti yang cukup seperti air putih, oralit atau campuran air putih-gula 2 sendok teh-garam ½ sendok teh atau air kelapa untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang.

2.Berikan tablet karbon aktif untuk menyerap racun di dalam saluran pencernaan yang diminum dengan air putih.

3.Bila tidak ada tablet karbon aktif, bisa mengkonsumsi susu untuk mengikat racun dalam saluran pencernaan dan merangsang penderita untuk muntah sehingga racun keluar dan tidak beredar dalam tubuh. Namun , jika penderita mengalami diare, sebaiknya tidak diberikan susu.

4.Bila penderita keracunan makanan hendak muntah, usahakan agar penderita muntah dalam keadaan kepala menunduk agar cairan muntah tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

5.Pada anak-anak, sebaiknya segera dibawa ke fasilitas kesehatan yang terdekat untuk mendapatkan pertolongan segera. Untuk mencegah keracunan makanan, pastikan Anda selalu mencuci tangan sebelum makan, memperhatikan kebersihan alat makan dan memperhatikan kebersihan dan kesegaran makanan yang Anda makan.

Demikian informasi seputar 5 Pertolongan Pertama pada Keracunan Makanan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

16 Mar 2019, 12:22 WIB