Wajah kering dan mengelupas

Permisi dok saya mau tanya, di wajah saya kan ada jerawat nah saya pake obat medi klin warna ungu. Setelah beberapa hari wajah saya terasa kekeringan, kulit terkelupas. Menurut dokter saya tetap melanjutkan make obatnya atau distopin aja dok, terus solusi agar tidak kekeringan itu gimana dok? Makasih

Lihat Selengkapnya
pria, 18 Tahun17 Mar 2019, 12:52 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Mohon maaf kami tidak dapat memberikan rujukan produk tertentu. Untuk melakukan pemilihan produk, disarankan untuk berhati-hati dan memastikan bahwa produk tersebut memiliki BPOM agar keamanannya terjaga. Selain itu, pastikan pula produk yang dipilih sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. Bahan dasar krim wajah umumnya dapat berbeda-beda, bergantung dari produsen krim wajah tersebut. Untuk memastikan kandungan bahan dasar yang terdapat pada krim wajah yang Anda gunakan, Anda dapat melihat daftar bahan dasar pada kemasannya atau menghubungi produsen dari krim wajah tersebut. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendiskusikan bahan dasar atau krim wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala :

Hindari penggunaan sabun antiseptik, terutama yang menghasilkan banyak busa

Hindari mandi menggunakan air panas

Hindari tindakan menggosok kulit (contohnya sabun dengan kandungan scrub atau tindakan mengeringkan kulit menggunakan handuk)

Gunakan losio yang mengandung pelembab. Semakin kering dan tebal kulit, maka konsentrasi pelembab yang dibutuhkan juga semakin besar

Hindari tindakan mengamplas kulit yang kering, karena tindakan tersebut justru akan membuat kulit menjadi tebal, kasar hingga luka.

Jika keluhan masih berlanjut, kami anjurkan agar Anda berkonsultasi kepada dokter spesilais kulit dan kelamin untuk diperiksa secara langsung.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Mengatasi Kulit Kering dan Jerawat

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Mengatasi Kulit Kering dan Jerawat

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Tangan Kasar dan Pecah-pecah

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Mengatasi Kulit Yang Kering

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Mengatasi Kulit Kering

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk